Efektivitas Edukasi Gaya Hidup Sehat terhadap Pengelolaan Kadar Kolesterol pada Penderita Hiperkolesterolemia: Studi Literatur

Authors

  • Khairunnisa Azani Meilinasary Program Studi Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sambas Author
  • Cornelia Agata Program Studi Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sambas Author

Keywords:

edukasi kesehatan, gaya hidup sehat, hiperkolesterolemia, pengelolaan kolesterol

Abstract

Hiperkolesterolemia merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit kardiovaskular (CVD), yang memerlukan pengelolaan efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Studi ini bertujuan untuk meninjau efektivitas edukasi gaya hidup sehat dalam pengelolaan kadar kolesterol melalui pendekatan studi literatur sistematis. Data diambil dari database ilmiah seperti PubMed dan ScienceDirect dalam rentang publikasi 10 tahun terakhir. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa intervensi non-farmakologis, termasuk wawancara motivasional, diet, dan aktivitas fisik, secara signifikan berdampak positif pada penurunan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL-C) dan peningkatan kepatuhan terhadap pengobatan. Program edukasi yang terstruktur, baik oleh perawat maupun ahli diet, terbukti meningkatkan kebiasaan hidup sehat dan mengurangi faktor risiko kardiovaskular tanpa efek samping yang merugikan. Selain itu, modifikasi gaya hidup seperti penyesuaian diet, peningkatan aktivitas fisik, dan penghentian merokok direkomendasikan sebagai langkah lini pertama dalam manajemen hiperkolesterolemia. Temuan ini mendukung pentingnya pendekatan preventif dan pengelolaan jangka panjang melalui intervensi edukasi dan gaya hidup yang dipersonalisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-02-23 — Updated on 2025-02-23

Versions

How to Cite

Efektivitas Edukasi Gaya Hidup Sehat terhadap Pengelolaan Kadar Kolesterol pada Penderita Hiperkolesterolemia: Studi Literatur. (2025). Sambas Pharmaceutical Journal, 1(1), 1-4. https://ejournal.kampusstikessambas.ac.id/index.php/DHJ/article/view/8